Selasa, 25 Agustus 2015

1. akses internet di sekitar lingkungan :

Dial-up
Akses internet dial-up menggunakan jaringa telepon sebagai media koneksi ke jaringan milik ISP agar terhubung ke jaringan internet global. Akses internet dial-up mempunyai kecepatan meksimal 56 kbps dengan menggunakan protocol V.92. Jika diakses menggunakan ISDN (integrated switching digital network) kecepatan akses internet dapat mencapai hingga 128 kbps. Contohnya adalah menggunaka Telkomnet Instan.
GPRS
GPRS (General Packet Radio Service)memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi bergerak (mobile). Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), dan penelusuran (browsing) internet. Koneksi internet melalui GPRS menjanjikan kecepatan mulai 56 kbps hingga 115 kbps.
3G
3G adalah third generation technology yang mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless). 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang mampu memberikan koneksi internet dengan kecepatan hingga 144 kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile) dan sebesar 384 kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian). Sedangkan untuk posoisi static dapat mencapai hingga 2 Mbps. Koneksi internet ini mulai banyak digunakan di ponsel maupun smartphone masa kini.
DSL (digital subscriber line)
DSL mempunyai kecepatan lebih dar 1 Mbps, sehingga sesuai untuk akses internet yang dengan pemakaian besar (volume besar), seperti video streaming, game-online interaktif, Macromedia Flash. Contohnya adalah SPEEDY.

Wifi (wireless fidelity)
Akses internet Wifi adalah sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringanlocal nirkabel (wirless local area networks) WLAN yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Wifi memungkinkan seseorang dengan komputer dan wireless card atau PDA untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan access point atau dikenal dengan hotspot. Contohnya adalah TELKOM HOTSPOT dari TELKOM.


Perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk mengakses internet adalah sebagai berikut :

a. Perangkat penting :
  1. Komputer
  2. Modem
  3. Saluran Telepon
b. Perangkat keras pendukung :
  1. HUB/Switch
  2. Repeater
  3. Bridge
  4. Router



2. Perangkat Keras

a. Monitor
Monitor adalah sebuah perangkat keluaran yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.


b. Keyboard
Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.










c. Mouse
Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.










3. Pengalaman saya dalam menggunakan akses internet ketika diberi tugas oleh guru, saya dapat menggunakan akses internet untuk mencari informasi yang lebih luas dan lengkap. 
Dengan adanya akses internet, saya dapat berteman dengan siapapun dalam lingkup dunia di media sosial. Seperti instagram, saya dapat sharing beragam foto tentang kegiatan pramuka di ambalan saya agar ambalan pramuka lain dapat terinspirasi dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut. Saya juga dapat berteman dengan anggota pramuka dari berbagai macam daerah atau bahkan negara lainnya. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar